Search This Blog

Sunday, October 21, 2018

Macam-macam Motif Batik Indonesia 



Dewasa ini, ragam motif batik sangatlah beragam. Kita juga sudah sangat familiar dengan adanya Batik Kawung yang sangat terkenal terutama di kalangan orang-orang yang sudah lanjut usia. Kemudian, masih ada lagi motif Tasik. Mungkin kita hanya mengetahui bahwa Batik hanya ada di daerah Jawa Tengah.

Jangan salah,
karena ragam motif juga turut berkembang di Tanah Sunda. Batik Tasik juga mempunyai filosofi tersendiri dan juga mempunyai ciri khas yang sangat membedakannya dari batik motif yang berasal dari daerah lainnya.
Biasanya, batik asal Tasikmalaya ini akan berbentuk rerumputan, fauna atau hal-hal lain yang masih berhubungan dengan alam. Sementara untuk pemilihan warnanya, batik tasikmalaya ini kebanyakan menggunakan warna biru, coklat dan merah padam. Nah, berikut ini macam macam motif batik yang ada di Nusantara :

Motif Batik SidoAsih



Motif batik SidoAsih ini memiliki makna yang sangat besar yaitu agar dalam berumah tangga, hidupnya selalu dipenuhi dengan kasih sayang. Maka dari itu, kegunaan batik sidoAsih ini sama dengan batik sido luhur. Karena, batik ini kebanyakan digunakan oleh pengantin wanita pada acara pernikahan.

Makna Batik SidoAsih ini secara luas, jika diartikan adalah agar manusia saling mengasihi dan menyayangi antar sesama manusia dan makhluk hidup lainnya.

Motif Batik Kawung



Motif Kawung juga termasuk ke dalam motif batik tertua yang ada di Indonesia. Motif Kawung ini merupakan gambaran dari buah kawung alias buah aren. Pada jaman dahulu, batik ini hanya diperbolehkan digunakan oleh orang-orang kerajaan saja.

Dan batik ini digunakan sebagai sarung raja atau permaisuri. Motif batik Kawung ini merupakan gambaran dari buah kawung atau yang lebih kita kenal saat ini sebagai buah aren. Dalam motif batik ini juga terdapat motif salib diantara 4 oval yang mengacu pada sumber energi universal.

Motif Batik Mega Mendung


Motif batik Mega Mendung ini merupakan motif batik asli dari Cirebon. Motif ini menggambarkan pola yang berbentuk awan awan. Motif ini lebih menggunakan warna warna gelap seperti merah tua, hijau tua, biru tua dan sebagainya. Motif yang unik ini berasal dari kota Cirebon yang juga dalam pembuatannya mempunyai ciri khas.
Batik Mega Mendung ini, keseluruhan akan dihiasi aneka pola berbentuk awan dengan warnanya yang gelap seperti merah tua, biru tua, hijau tua dan lain-lain. Motif batik ini juga sudah menjadi ikon dari kota Cirebon. Sehingga, motif batik ini sangat khas akan daerah asalnya.
Maka dari itu, belum lengkap jika mengunjungi kota Cirebon tidak membawa pulang oleh-oleh dari Cirebon termasuk batik Mega Mendung ini.

Motif Batik Sekar Jagad


Motif batik sekar jagad berasal dari Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, Sekar Jagad mempunyai arti keindahan yang mampu membuat siapa saja yang melihatnya terpesona. Ada yang menyebut bahwa motif Sekar Jagad sebagai peta dunia karena bentuk motif nya menyerupai pulau pulau.

Motif Batik Parang Rusak



Filosofi dari Motif Bati Parang Rusak ini menggambarkan arti dari pertarungan antara manusia yang melawan kejahatan. Pertarungan yang dilakukan ini dengan mengendalikan diri dari semua hal buruk. Sehingga mereka bisa menjadi manusia yang lebih bijaksana dan mulia.

Batik Sido Luhur



Motif batik Sido luhur ini, pada umumnya digunakan oleh pengantin wanita ketika malam pengantin. Batik ini mempunyai makna dengan harapan agar orang yang menggunakannya bisa mencapai kedudukan yang lebih tinggi. Sehingga bisa menjadi panutan di dalam masyarakat.

Motif Batik Tambal



Motif Batik tambal, sesuai dengan namanya. motif ini mempunyai arti menambal sesuatu atau memperbaiki sesuatu yang telah rusak. Pada zaman dahulu, orang- orang percaya bahwa kain ini bisa membantu menyembuhkan orang yang sakit. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan menyelimuti orang sakit tersebut dengan menggunakan kain motif tambal ini.

Motif Batik Ceplok



Motif Batik Ceplok ini mempunyai berbagai macam bentuk yang geometris. Misalnya saja, seperti  pada kain ini motif nya terdiri dari bintang, mawar yang melingkar atau bentuk kecil-kecil yang membentuk pola simetris.

Batik Cuwiri



Cuwiri mempunyai arti kecil-kecil. Sehingga tidak heran jika motifnya juga kecil-kecil. Dalam pembuatan motif batik cuwiri ini menggunakan pewarna soga yang alami Biasanya, motif ini digunakan dalam acara mitoni orang yang hamil atau 7 bulan masa kehamilan. Selain itu, juga dipakai untuk kembenan atau semekan. Dalam Motif ini, terdapat ragam hias gurda dan meru.

Motif Batik Keraton



Motif Batik Keraton merupakan cikal bakal dari batik-batik yang ada di Indonesia. Awalnya, batik ini dibuat oleh putri keraton dan para ahli pembatik yang ada di dalam keraton. Dahulu, batik keraton ini sangatlah ekslusif. Mengapa demikian? karena Sultan dan keluarga nya saja yang boleh menggunakannya.

Namun, seiring berkembangnya waktu. batik ini sudah bisa dipakai oleh siapa saja. Batik keraton ini mempunyai makna serta filosofi yang hidup.

http://www.moondoggiesmusic.com/macam-macam-motif-batik-indonesia/

No comments:

Post a Comment

Pasar Tradisional Pasar tradisional adalah satu bentuk pasar nyata -sebagaimana definisi pasar di awal-, dimana barang yang diper...